• Jam Buka Toko: 08.00 s/d 20.00 WIB
  • Status Order
  • Tlp: 0858 7985 1421
  • SMS/WA: 081 542 080 535
  • BBM : DDA990A8
  • rumahbatikamel@gmail.com
Terpopuler:

Pusat Produksi Batik Wilayah Pantai Utara

09 Januari 2018 - Kategori Blog

Berikut ini adalah beberapa daerah penghasil batik di wilayah Pantai utara, antara lain :

Cirebon
Cirebon merupakan area yang penting untuk produksi Batik di pantai utara Jawa. Salah satu sentra produksi batik di Cirebon adalah ‘Batik Trusmi, sebuah desa kecil yang terdapat 520 industri kecil dan menengah. Desa ini terletak 7 kilometer dari Kota Cirebon. Pada tahun 2007 disebutkan bahwa lebih dari 70% penduduk atau 5.938 orang bekerja di bisnis ini, yang terdiri dari perempuan 80% dan pria 20%. Sama halnya Batik dari wilayahpantai utara Jawa (Batik Pesisir), Batik Cirebon telah dipengaruhi oleh Eropa, Arab, budaya Cina dan India, yang memiliki desain penuh warna dengan motif binatang dan bunga. Tentang motif dan pola, ada dua kategori pola:
1. Motif Kesultanan Kasepuhan, yang dipengaruhi oleh ajaran Islam, yang melarang menggambar desain hewan di Batik.
2. Motif Kesultanan Kanoman , yang memungkinkan seniman untuk menggambar dan memiliki desain hewan di Batik. (Ini termasuk motif dari Keprabonan dan Kesultanan Cirebonan)
Bahan yang digunakan adalah  dari sutra, katun, katun primisima dan prima. Sekitar 40 persen dari produksi diserap oleh pasar lokal, 50 persen untuk perdagangan antar pulau dan 10 persen diekspor ke mancanegara seperti Jepang, Malaysia, Singapura, Myanmar, Laos, Amerika Serikat, Brunei Darussalam dan Jerman.

Pekalongan

Pekalongan adalah salah satu daerah produksi utama batik dengan desain utara Jawa pesisir. Sebagian besar batik yang diproduksi dalam motif warna-warni dipengaruhi oleh, Cina Arab dan Belanda. Ada lebih dari 100 desain Batik yang sudah dikembangkan sejak 1802, dan beberapa yang populer Batik Pekalongan pola Jlamprang, Hokokai, dan Pagi-Sore.
Para seniman memiliki ribuan ide-ide dalam mendesain motif batik tanpa sesuai pakem motif  tradisional, misalnya, selama pendudukan Jepang mereka menciptakan Javanese Kokokai yaitu  motif batik yang cocok untuk jaket kimono. Pada tahun enam puluhan mereka menciptakan Tritura Batik, yaitu setelah politik terkenal dekrit Presiden Soekarno. Ada beberapa desain baru lainnya seperti Batik Presiden SBY  dan Batik Tsunami yang diciptakan baru-baru ini. Selain Batik tulis, ada banyak produsen batik cap di Pekalongan dan biasanya digunakan untuk gaun kasual dan kerajinan rumah tangga.
Pasar Batik besar yang terkenal di Pekalongan adalah ‘Pasar  Grosir Setono,’ yang merupakanpasar ritel yang dibangun selama krisis ekonomi pada 1990 untuk membantu produsen batik dalam memasarkan produk mereka.  Ada sekitar 7.000 pekerja yang bekerja di 12 wilayah pusat produksi Batik, batik garmen, dan kerajinan. Mereka kebanyakan bekerja untuk industri kecil dan menengah.

Madura
Salah satu sentra produksi batik yang terkenal di Madura terletak di Tanjung Bumi, 50 kilometer dari Bangkalan. Karakteristik Batik Madura adalah dalam warna dan desain. Seperti Batik dari pantai utara dari Jawa, Disain batik Madura memiliki warna cerah dan lebih banyak kebebasan dalam aplikasi desain. Di Madura, hampir tidak ada yang menghasilkan Batik cap, para perajin sebagian besar menghasilkan Batik tulis. Salah satu batik terkenal dari Madura adalah Batik Gentongan, yang memiliki karakteristik tertentu dalam mewarnai, yang dihasilkan dari pengolahan yang berbeda dibandingkan dengan batik lainnya. Pada tahap pertama dari proses tersebut, kapas (mori) didicuci dan direndam dalam tong air yang dicampur dengan minyak khusus dari residu kayu. Pada langkah terakhir dari pengolahan kain diletakkan kembali ke dalam tong selama sedikitnya dua bulan untuk membuat efek yang selalu awet dan perbedaan warna.
Dalam perkembangan terakhir, Batik Madura menjadi sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia dan dilaporkan hampir 90% dari orang-orang muda di Tanjung Bumi sekarang bekerja dalam pembuatan Batik untuk mempercepat produksi dalam memenuhi permintaan pasar.

Bali
Batik Bali Batik karakteristik yang berbeda. Meskipun produksi Batik Tulis tidak begitu besar, titik menariknya adalah pada kebebasan dalam merancang motif dan warna yang cerah. Produksi batik cap di Bali lebih dominan.
Kain batik selendang yang dihiasi dengan desain bunga modern banyak diproduksi dalam jumlah besar seperti yang digunakan untuk pakaian pantai oleh para wisatawan. Kain selendang menjadi ikon cendera mata khusus dari Bali.

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,