• Jam Buka Toko: 08.00 s/d 20.00 WIB
  • Status Order
  • Tlp: 0858 7985 1421
  • SMS/WA: 081 542 080 535
  • BBM : DDA990A8
  • rumahbatikamel@gmail.com
Terpopuler:

Pusat Produksi Batik Surakarta dan Yogyakarta

09 Januari 2018 - Kategori Blog

Surakarta merupakan pusat produksi Batik yang penting di samping Yogyakarta dan Pekalongan Produksi batik yang telah menjadi bagian dari ekonomi tradisional dari penduduk di daerah tersebut. Pola dan motif tradisional khas dari Solo adalah sebagai berikut:
1. Sido Milo (simbol kebahagiaan dan kaya)
2. Sido Dadi (simbol kemakmuran, kebahagiaan dan kaya)
3. Satrio Wibowo (simbol dengan pria / wanita dengan martabat)
4. Tikel Asmorodono (simbol cinta yang diberikan oleh orang lain)
Kampoeng Batik Laweyan (Batik Desa Laweyan) adalah tempat yang terkenal sebagai produsen Batik yang terletak di sebuah desa tradisional penuh bangunan kuno berarsitektur Belanda dengan jalan-jalan sempit, khas desa di Indonesia. Selain memiliki ruang pamer dan toko, beberapa produsen menyelenggarakan kursus batik pendek bagi wisatawan.
Pasar tradisional memainkan peran yang sangat penting untuk transaksi Batik, terutama untuk usaha kecil dan menengah, misalnya di Solo ada Pasar Klewer yang menjual semua jenis kain, terutama batik. Kain tradisional lainnya adalah lurik (kain khas jawa dengan motif katun bergaris) dan tenun. Disanan ada ratusan toko-toko batik di sepanjang lorong-lorong sempit .

Daerah Khusus Yogyakarta
Yogyakarta dikenal sebagai pusat seni dan budaya Jawa klasik dan Batik adalah produksi utama mereka. Produk penting lainnya dari kota ini adalah kerajinan termasuk didalamnya  Batik garmen dan barang rumah tangga, produk kayu, kulit, keramik dan tembikar juga perak.
Pola dan motif khas batik Yogyakarta sebagian besar  terdiri dari Parang, Ceplok, Sido-Mukti, Truntum dan Kawung. Kombinasi warna Batik Yogyakarta adalah sama dengan Solo, didominasi oleh warna coklat, nila (biru), hitam, putih dan krem. Daerah yang terkenal Produksi Batik di Yogyakarta, antara lain Prawirotaman dan Kulonprogo.
Pasar Tradisional Bringhardjo adalah salah satu tempat penting bagi para pedagang batik dan itu menjadi titik pertemuan bagi perusahaan skala kecil dan menengah untuk melakukan bisnis. Selain grosir, ada banyak  took Batik  yang menawarkan harga ritel untuk wisatawan lokal dan asing. Pasar ini telah berfungsi sebagai salah daya tarik  wisata di Yogyakarta, karena koleksinya yang  lengkap, mulai dari kain batik untuk pakaian yang terbuat  dari bahan katun dan sutra, dengan harga mulai dari puluhan ribu sampai satu juta.

, , , , , , , , , , , , , ,